Home » » Bekali Anak Kita Ilmu Bela Diri!

Bekali Anak Kita Ilmu Bela Diri!

Written By Yayasan Kilau Indonesia on Minggu, 14 Oktober 2012 | 19.23

Sebagai amanah dari Tuhan, dan kita pun menyadari potensinya untuk kelangsungan perjuangan dakwah, maka tak salah kita begitu perhatian akan pendidikan anak. Selagi masih kecil dalam masih mudah dibentuk, rasa tanggung jawab membuat kita mengarahkan mereka pada jalan kebaikan dan menyediakannya pendidikan yang terbaik.

Apa saja pendidikan yang kita persiapkan untuk mereka? Pelajaran membaca dan menghitung adalah hal yang fundamental. Tapi selain itu, ada arahan dari Rasulullah pelajaran apa yang perlu kita beri untuk anak-anak kita.

Dalam sabdanya, Rasulullah memerintahkan: "Ajarilah anak-anakmu berenang, memanah dan menunggang kuda". (H.R bukhari muslim)

Tiga hal yang diperintahkan itu adalah pelajaran ketangkasan fisik. Jadi bukan cuma aspek kognitif yang perlu diasah dari anak.

Salah satu pengajaran yang patut kita berikan atau kita sediakan pada anak adalah latihan bela diri. Ada banyak manfaat bila seorang anak menguasai bela diri.

1. Melindungi dari Bullying

Seorang anak yang jago bela diri tentu saja akan aman terhindar dari penindasan anak seusianya. Di dunia anak, khususnya anak laki-laki, menjadi jagoan adalah sebuah nilai yang mereka pandang hebat. Tak jarang untuk menunjukkan kejagoannya, seorang anak melakukan bullying atau penindasan pada anak lain yang lebih lemah. Seorang anak yang mempunyai kemampuan bela diri tentu akan segan dibully oleh anak lain.

Tapi harus ditanamkan bahwa ilmu bela diri yang dipelajarinya hanyalah sebatas pembelaan diri, bukan untuk belagak jagoan dan malah membully anak lain.

2. Melatih Kedisiplinan

Latihan beladiri mengajarkan banyak kedisiplinan. Peraturan yang melekat pada saat latihan seperti harus datang tepat waktu, membawa baju latihan, serius dan konsentrasi, dan sebagainya adalah pengajaran yang baik untuk anak. Tersedia hukuman bila anak melanggar.

Bahkan pada setiap latihan beladiri juga ada sumpah atau janji yang poinnya adalah berbuat kebaikan. Seperti misalnya sumpah karate yang diucapkan sebelum atau setelah latihan.

3. Menjaga Kesehatan

Tentu saja yang namanya olahraga akan membawa kesehatan bagi tubuh. Seorang anak akan terbantu proses pertumbuhannya dengan kondisi fisik yang bugar dan sehat.

4. Memacunya Untuk Berprestasi

Bela diri bukan sekedar latihan rutin begitu saja. Tapi dikenal peningkatan jenjang. Biasanya dikenal pewarnaan pada sabuk yang dikenakan pada baju latihan. Dalam karate ada urutan sabuk putih, kuning, hijau, coklat, hitam, dst. Peningkatan jenjang ini adalah sebuah prestasi sendiri yang membawa kepuasan pada anak.

Selain itu, anak juga bisa mengikuti even-even perlombaan. Dan ini bisa memacunya untuk berprestasi pada hal yang positif.

5. Membuatnya Menjadi Tangkas dan Kuat

Gerakan-gerakan pada latihan beladiri itu melatih ketangkasan pada anak. Reflek saat menangkis serangan lawan, kuat menerima pukulan di badan, gesit berkelebat dalam pertarungan, itu semua akan didapatnya pada latihan yang disiplin.

6. Memperluas Pegaulan

Kadang seorang anak tidak hanya menemukan teman seusianya di tempat latihan. Dia harus berinteraksi dengan anak yang lebih muda atau lebih tua yang mengenakan warna sabuk yang sama. Di situ anak belajar menghormati dan menghargai. Anak juga mendapatkan banyak teman yang tidak hanya teman sekolah atau teman lingkungan rumahnya. Ada banyak jaringan pertemanan real yang luas yang di dapatnya.

islamedia
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : OBRAL BLOG | Blog Developer
Copyright © 2012. Kilau - Lembaga Kemanusiaan - All Rights Reserved