Home » , » Gelar MABIT, Ajak Jamaah Menangis

Gelar MABIT, Ajak Jamaah Menangis

Written By Yayasan Kilau Indonesia on Senin, 11 Juni 2012 | 19.27


INDRAMAYU - Ratusan jamaah memadati Masjid Al-Ittihad Islamic Center Indramayu dalam rangka mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Sabtu malam 9 Juni 2012. Acara bermalam atau menginap yang digelar Oleh Yayasan Kilau Indonesia dan Yayasan Bina Amal Insani (Yabani) ini mengambil tema “Keutamaan Menangis Karena Takut Kepada Allah SWT” yang diambil dari kitab Riyadhus Shalihin.

Seusai Sholat Isya berjamaah acara diawali dengan Tasmi’ (Mendengarkan/Menyimak-red) peserta menyimak hafalan al-Qur’an yang dibacakan oleh Ustadz H. Mu’tamad, Lc Al-Hafidz. Kemudian disambung dengan acara inti yaitu Taushiyah tentang Keutamaan Menangis Karena Taut Kepada Allah yang disampaikan oleh Drs. KH. Djalaluddin Asy-Syatibi.

Bab ke 54 Kitab Riyadhus Shalihin tersebut menjelaskan tentang keutamaan Menangis karena takut kepada Allah, Menangis karena takut kepada Allah SWT merupakan suatu sifat terpuji dan mulia, tentunya menangis karena takut akan azab Allah, menangis takut karena dosa-dosa yang kita lakukan, memangis karena takut amalan kita tidak diterima disisi-Nya. Seseorang yang menangis karena takut kepada Allah tidak akan masuk kedalam neraka, sehingga susu dapat kembali ke dalam tetek ataupun unta dapat masuk kedalam lubang jarum.

Dalam Taushiyahnya Ustadz Jalal sapaan akrab KH. Djalaluddin Asy-Syatibih lebih lanjut mengajak kepaada jamaah untuk membiasakan menangis merenungi dosa-dosa. “Kini banyak ragam tangisan, akan tetapi hanya tangisan karena takut kepada Allah Ta'ala sajalah yang jarang dilakukan oleh kebanyakan manusia. Jangan sampai kita manangis berpura-berpura yaitu setelah menangis kita masih mengerjakan apa yang dilarang oleh Allah SWT dan juga melalaikan semua perintah-perintah-Nya. Seperti lebih memilih bernyanyi/mendengarkan lagu-lagu yang membuat lalai dari mengingat Allah SWT daripada membaca Al-Qur'an atau lebih memilih menonton acara-acara gosip di TV, lawakan yang membuat kita banyak tertawa sementara lupa akan dosa-dosa yang kita lakukan, dan melakukan bentuk kemaksiatan lainnya” ujar Kiyai yang juga Pembina Yayasan Bilal Bandung.

Sementara itu ketua Yayasan Kilau Indonesia Akhmad Sugandi menjelaskan bahwa kegiatan MABIT ini merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. “Kita ingin selepasnya mengikuti kegiatan ini kadar keimanan dan ketaqwaan kita semakin meningkat, Insya Allah nanti malam kita akan kuatkan dengan Qiyamullail (Sholat Tahajud-red) dan muhasabah, kita akan akan bangunkan sekitar pukul 02.30” terangnya.

Di akhir acara setelah sholat subuh berjamaah peserta membacakan wirid Al-Ma’tsurat sebagai dzikir penenang hati selanjutnya acara ditutup dengan doa dan bermushofahah (bersalam-salaman-red).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : OBRAL BLOG | Blog Developer
Copyright © 2012. Kilau - Lembaga Kemanusiaan - All Rights Reserved