Home » » Cari Black Box, Anggota Kopassus Bergelantungan di Tali dan Akar Pohon

Cari Black Box, Anggota Kopassus Bergelantungan di Tali dan Akar Pohon

Written By Yayasan Kilau Indonesia on Selasa, 15 Mei 2012 | 19.22

Black box atau kotak hitam milik pesawat Sukhoi Superjet 100 kini telah ditemukan. Peluang untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat nahas butan Rusia itu terbuka lebar. Ternyata, tak mudah untuk mencari benda tersebut.

Lettu Infantri Taufik, salah seorang anggota Kopassus yang turut serta menemukan kotak hitam tersebut bercerita, black box berada di medan yang ekstrim. Taufik menemukan kotak hitam sekira 100 meter di dekat lokasi ekor pesawat.

"kami menyisir hingga ekor pesawat. Dalam penyisiran kami menemukan beberapa box di bagian ekor pesawat, namun setelah kami periksa dan konfirmasi ternyata bukan box itu yang kami cari," ujar Taufik kepada detikcom, Rabu (16/5/2012).

Untuk menuju lokasi black box tersebut, tim harus melewati tebing dengan kemiringan hingga 85 derajat. "Kami menuju dengan teknik tali temali dan bertahan dengan menggunakan akar pohon," jelasnya.

Akhirnya tim Kopassus mulai melakukan penyisirian 100 meter ke atas ekor pesawat. "Di sanalah kami menemukan benda yang diduga Black box itu. Kondisinya setengah terbenam di dalam tanah denga kondisi warna hitam terbakar," jelasnya.

Kemudian, Lanjut Taufik, setelah dia melapor dan melakukan pengecekan ternyata benar itu adalah blackbox milik pesawat nahas tersebut.

"Kami sebelum berangkat dibekali dengan poto blac kbox tersebut. Warna di gambar berwarna oranye. Setelah kami angkat dan korek ternyata timbukl warna oranye. dan dipastikan itu adalah blac kbox," jelasnya.

Taufik mengatakan benda tersebut bebrobot sekira 3 kilogram dengan kondisi warna hitam terbakar. "Tapi, masih utuh," ungkapnya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : OBRAL BLOG | Blog Developer
Copyright © 2012. Kilau - Lembaga Kemanusiaan - All Rights Reserved