Home » » Bangkit Pemuda

Bangkit Pemuda

Written By Yayasan Kilau Indonesia on Senin, 30 April 2012 | 19.52


Hai pemuda mana dadamu? Ini Dadaku!” Itu kata Bung Karno. Dan itu tantangan bagi pemuda untuk bangkit dan membangun bangsa ini, bahkan orang bijak bilang, ”berikan aku 100 orang pemuda, maka aku kuasai dunia!” Dan ada lagi ” pemuda sekarang adalah pemimpin masa depan“  Begitu pentingnya pemuda, begitu hebatnya masa muda, begitu berharganya masa muda yang hanya terjadi sekali alam seumur hidup dan bila sudah terlewati masa itu, tak akan pernah kembali lagi!

Dan kesempatan bagi pemuda pegitu terbentang luas sekali, tergantung pada potensi masing-masing-masing. Untuk mari kita mundur ke belakang sejenak, bagaimana para pemuda awal abad 20 telah menjadi pendombrak penjajajahan di negara kita, yang kemudian menjadi para pemimpin atau para pendiri bangsa kita, termasuk Bung Karno, Bung Hatta, Bung Syahril dan lain-lain. Merekalah pemuda-pemuda pelopor bagi kebangkitan bangsa ini dan saat itu mereka adalah pemuda-pemuda yang gagah berani melawan penjajah Belanda dan berhasil memproklamasikan negara ini.

Kemudian pemuda di generasi 45 yang mampu mempertahankan kemerdekaan dari agresi Belanda I dan II, generasi 66 yang berhasil mengubah Orde Lama(Orla) ke Orde Baru(Orba) dan generasi 98 yang berhasil mendobrak Orba menjadi Orasi( Orde reformasi) Dan berikut adalah generasi sekarang, pemuda-pemuda yang sedang mengukir sejarah hidupnya sendiri dan mengukir sejarah hidup masyarakat disekitarnya serta sejarah bangsanya. Dan ini bukan perkara mudah, karena tantangan bukan semakin kecil, bahkan semakin berat, karena era yang dihadapinya bukan lagi era yang sederhana, tapi era teknologi, komunikasi dan informasi.

Lalu bisakah pemuda Indonesia era abad 21 memikul amanah sejarah bagi bangsanya? Jika mereka terlihat banyak sekali yang terkena narkoba, mabuk-mabukan, demo yang penuh anarki, cuek, dan sering terlihat egoist dan asik dengan diri sendiri. Memang tak bisa digeneralisasi demikian, banyak juga pemuda Indonesia era abad 21 ini yang mengukir nama harum bagi bangsa dan negara. Baik di bidang iptek, olah raga, seni budaya dan lain sebagainya. Itulah generasi yang diharapkan bangsa ini, karena merekalah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di masa akan datang!

Nah pemuda-pemuda harapan bangsa ini semoga tidak terkotori oleh jaman yang seperti”acak kadul” ini, jaman di mana orang-orang yang duduk di lembaga-lembaga terhormat malahan kebanyakan “maling” alias Korupsi! Iya KKN menggurita disetiap “pojok-pojok” lembaga-lembaga terhormat dari berbagai partai yang ada, sepertinya tak ada partai yang bebas atau bersih dari yang namanya KKN sekarang ini, baik partai yang berhaluan nasional, demokrat,  libral atau bahkan yang membawa nama-nama agama di dalamnya!
Kalau pemudanya ikut di dalam partai-partai tadi atau menjadi kader-kadar, semoga mereka tidak terkena imbasnya, sehingga ketika pemilu 2014, 2019, 2024, 2029 dan seterusnya diisi oleh pemuda-pemuda pendombrak tradisi yang semakin membuat harum nama Indonesia dan Indonesia akan semakin maju di pentas dunia! Sekali lagipemuda sekarang adalah calon-calon pemimpin bangsa Indonesia di masa mendatang, jadi berikan peluang yang sebesar-besarnya bagi mereka, tokoh-tokoh tua sebaiknya mengkader mereka, berikan kesempatan pada merekayang lebih energik, lebih gairah, kebih semangat dan seterusnya.

Dan kalau tak diberikan, tugas pemudalah yang mendombrak itu semuanya,pemuda tak boleh manja dengan “mengemis” jabatan atau kekuasaan! Jika perlu merebutnya dari “tangan-tangan”tokoh-tokoh tua yang memang tak produktif lagi! Kalau tokoh-tokoh tua masih produktif dan bisa diandalkan ya tak mengapa, tua muda bukan soal bagi kemimpinan bangsa ini, tapi tokoh lebih muda biasanya lebih gesit, lebih”menggigit” lebih berani, lebih tegas, lebih cekatan dan daya dombraknya saya yakin lebih kuat!

Ayo pemuda pendombrak, bangkitlah anda semuanya, Indonesia sangat membutuhkan anda semua, Indonesia butuh manusia-manusia pembaharu, manusia-manusia pendombrak, manusia yang berani melawan arus, pemuda yang berani melesat maju ke depan meninggalkan jamannya! Indonesia butuh manusia-manusia yang berani berkata “tidak” atas segala macam jenis imperialisme dan kolonialisme dalam bentuk apapun jua, bangsa Indonesia butuh pemuda-pemuda pendombrak model Bung Karno! Pemuda yang berani berkata”tidak” bagi kaum borjuis atau kapitalis yang bisa menghancurleburkan perekonomian bangsa Indonesia!

Wahai pemuda Indonesia, bangkitlah anda semua, ini adalah era pemuda di abad 21, ayo songsong masa depan bangsa ini dengan karya-karyamu dengan potensi yang ada pada, sekecil apapun potensi itu. Berbuatlah untuk bangsa ini, jadilah pemuda-pemuda pendombrak kejumudan, jadilah pemuda pembaharu-pembaharu disegala bidang dan katakan “tidak” bagi narkoba, mabuk-mabukan, judi, gaya hidup bebas tanpa batas serta hal-hal negatif lainnya, di tangan pemudalah masa depan bangsa ini!

Singsingkan lengan bajumu, gerakan langkah kakimu, kuatkan pendirianmu dan mantapkan hatimu menyosong alih generasi kepemimpinan masa depan!Ayo terus maju ke dapan, Sumpah Pemuda sudah digelorakan penuh semangat oleh pemuda tahun 1928, kini giliran pemuda abad 21 dan pemuda-pemuda di abad selanjutnya untuk mengukir prestasi demi bangsa dan negara tercinta ini, berikan yang terbaik yang anda miliki wahai pemuda bangsa Indonesia. Jadilah pemuda pendombrak keterbelakangan, kemiskinan, kebodohan! Itulah “perang” sesungguhnya bagi pemuda di abad ini dan di abad-abab mendatang!

Selamat berjuang dan selamat hari sumpah pemuda yang tak harus pada tanggal 28 Oktober saja! Sumpah pemuda harus terpatri di dalam jiwa pemuda Indonesia dan itu terjadi harus setiap saat, setiap keadaan dan pada setiap tempat di manapun pemuda Indonesia berada! Itulah jiwa sesungguhnya dari pemuda pendombrak yang setia pada sumpah dan janjinya, itulah jiwa yang satria!
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : OBRAL BLOG | Blog Developer
Copyright © 2012. Kilau - Lembaga Kemanusiaan - All Rights Reserved